Komandan STTAL beserta 3 Perwira Menengah STTAL Wisuda Gelar Doktor Universitas Brawijaya Malang

Headline Jawa Timur Kombat TNI Polri & Abdi Negara Muhasabah

mascipoldotcom – Ahad, 20 Desember 2020 (05 Jumadil Awal 1442 H)

Malang – Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. beserta Kaprodi S2 Asro STTAL Letkol Laut (KH) Dr. Eko Krisdiono, S.T., M.T., dan Kaprodi S1 Teknik Manajemen Industri STTAL Letkol Laut (KH) Dr. Joko Purnomo, S.Si., M.T., serta Kabagmat STTAL Letkol Laut (T) Dr. Ayip Rivai Prabowo, S.T., M.T. melaksanakan serangkaian kegiatan Wisuda Program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Brawijaya Malang yang dipimpin oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS. dengan peserta wisuda 1.097 yang dilaksanakan secara Daring Online (Zoom) dan perwakilan masing-masing dari Fakultas hadir secara langsung di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur. Sabtu (19/12/2020).

Kegiatan wisuda ini diawali dengan prosesi memasuki ruang upacara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Rektor membuka prosesi wisuda, laporan Wakil Rektor bidang Akademik, sambutan Rektor, pelantikan wisudawan oleh Rektor, pembacaan wisudawan dan pemberian ucapan selamat, janji wisudawan, pembacaan do’a, penutupan prosesi wisuda oleh Rektor dan prosesi wisuda selesai.

Pada Wisuda Program Doktor Studi Minat Ketahanan Universitas Brawijaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. mendapatkan Predikat Cumlaude dengan IPK 3,97 yang mana pada ujian akhir disertasinya mengambil judul “Pengaruh Budaya Maritim dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Ketahanan Nasional Bidang Maritim”, sedangkan Kaprodi S2 Asro STTAL Letkol Laut (KH) Dr. Eko Krisdiono, S.T., M.T., dengan IPK 3,94 Predikat Sangat Memuaskan, yg disertasinya berjudul “Strategi Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Laut Sebagai Tugas Pokok TNI AL Dalam Mendukung Ketahanan Wilayah (Studi Kasus Daerah Kabupaten Malang) dan Kaprodi S1 Teknik Manajemen Industri STTAL Letkol Laut (KH) Dr. Joko Purnomo, S.Si., M.T., dengan IPK 3,91 Predikat Sangat Memuaskan, yang mengambil judul disertasinya “Penentuan Lokasi Pangkalan TNI AL Menggunakan  MCDM dan Sistem Dinamik Dalam Upaya Meningkatkan Pertahanan Udara di Laut”, serta Kabagmat STTAL Letkol Laut (T) Dr. Ayip Rivai Prabowo, S.T., M.T., dengan IPK 3,91 Predikat Sangat Memuaskan yang dengan judul disertasinya “Strategi Pengembangan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam meningkatkan Kapabilitas dibidang Sains dan Teknologi untuk mendukung tugas TNI AL.

Dengan semakin bertambahnya Prajurit Teknokrat STTAL yang telah berhasil menyandang gelar Doktor dalam bidang pendidikan umum, tentunya hal ini sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan kemajuan STTAL sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan di TNI Angkatan Laut yang tentunya semakin dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks kedepannya guna mewujudkan Visi dan Misi STTAL guna mendukung Tugas Pokok dan Fungsi TNI Angkatan Laut.

Dalam hal peningkatan kualitas SDM personel STTAL tersebut, sesuai dengan kebijakan prioritas kerja Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang pertama yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang Unggul. Untuk itu Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) berkomitmen untuk terus berkonstribusi aktif dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Prajurit Teknokrat yang bermutu sebagai investasi pertahanan jangka panjang untuk menguasai teknologi masa depan, sejalan dengan transformasi kebijakan pertahanan yang digariskan oleh pemerintah.

Kegiatan wisuda tahun ini tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yg dilaksanakan secara Daring Online dan Off line mengingat situasi masih dalam Pandemi Covid-19 sehingga dilaksanakan dengan tetap sesuai protokol kesehatan tetapi tidak mengurangi kekhidmatan dan acara berjalan dengan aman, lancar dan sukses.(Ezl) Sumber : Penerangan STTAL.

————

Renungan

DOA MEMOHON ILMU YANG BERMANFAAT

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allâh! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima

Musnad Imam Ahmad, 6/322; Sunan Ibnu Majah, no. 925; dan hadits ini dinilai sebagai hadits shahih oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahih Ibni Majah, no. 753

Faidah :

  1. Do’a termasuk diantara do’a yang dibaca pada dzikir pagi.
  2. Syaikh Abdurrazaq hafizhahullâh mengatakan bahwa orang yang merenungi do’a yang agung ini, dia akan dapati bahwa sangat tepat dan cocok membaca do’a ini diwaktu pagi setelah menunaikan shalat Shubuh. Karena pagi hari adalah permulaan hari dan seorang Muslim tidak memiliki keinginan lain kecuali meraih tujuan dan maksud agung yang disebutkan dalam hadits di atas. Jika disadari, maka tentu hatinya akan semakin terfokus dan langkah-langkahnya semakin mantap.
  3.  Beliau juga mengatakan bahwa membaca do’a ini bukan sekedar untuk menetapkan dan mengingat tujuan hidupnya tapi lebih dari itu yaitu membuktikan tadharru’nya dan ketergantuangnya kepada Allâh Azza wa Jalla.
  4. Do’a yang diajarkan Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas menunjukkan bahwa ilmu itu ada dua, ada yang bermanfaat dan ada yang tidak bermanfaat; rezeki ada dua, ada yang baik dan ada yang jelek.
  5. Sabda Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam “amalan mutqabbalan” yang artinya amalan yang diterima menunjukkan bahwa tidak semua amalan ibadah yang dilakukan oleh hamba itu itu diterima. Yang diterima hanyalah yang dilakukan sesuai sunnah dan dilakukan dengan ikhlash. Oleh karenanya, hendaklah mewaspadai diri kita dan amalan kita.

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 03-04/Tahun XVIII/1436H/2014M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]