Unsur Satgas Perisai Sakti 20 Gelar Latihan 1

Tingkatkan Profesionalisme, Unsur Satgas Perisai Sakti-20 Gelar Latihan Bersama Satgas Jalayudha

Headline Kalimantan Timur Kombat TNI Polri & Abdi Negara

Unsur Satgas Perisai Sakti 20 Gelar Latihan 2mascipoldotcom, Ahad, 15 Nopember 2020 (29 Rabi’ul Awwal 1442 H)

Balikpapan – KRI Fatahillah-361 salah satu unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang sedang melaksanakan Operasi Perisai Sakti-20, di Bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, menggelar latihan bersama dengan KRI Karel Satsuit Tubun(KST)-356, dan KRI Diponegoro (DPN)-365 yang tergabung dalam Satgas Jala Yudha di Perairan Balikpapan, Sabtu (14/11).

Komandan KRI Fatahillah Letkol laut (P) Agus Setyawan menyampaikan, sesaat setelah tolak dari Pangkalan Balikpapan untuk melaksanakan
bekul (bekal ulang), kapalnya rendezvous (RV) atau berpapasan dengan KRI Karel Satsuit Tubun-356 dan KRI Diponegoro-365.

“Selanjutnya Fatahillah melaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan kedua KRI unsur satgas Jalayudha tersebut. PASSEX dilakukan selain meningkatkan kemampuan para awak kapal, juga untuk melatih Taruna AAL yang on board. Tujuannya agar mereka paham dalam hal manuvra, kirim terima berita melalui voice, isyarat lampu dan bendera,” terang Letkol Agus.

Agus menambahkan bila saat ini ada 12 orang Taruna AAL tingkat IV yang sedang mengikuti Pelayaran bersama KRI Fatahillah -361.

Terpisah Komandan Guspurla Koarmada II, Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo menyampaikan bahwa latihan-latihan taktis yang dilakukan unsur gelar operasi Guspurla Koarmada II ini, adalah upaya menindaklanjuti arahan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G.Sudihartawan agar setiap unsur KRI Koarmada II yang sedang melaksanakan tugas operasi tetap melaksanakan latihan secara mandiri maupun melibatkan unsur lain.

” Dimana arahan Pangkoarmada II juga sejalan dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, terkait bidang Penyelarasan doktrin, operasi latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini, ” tandas Laksma Rahmat.(Ezl) Sumber : Pen2