STTAL Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Headline Jawa Timur Kombat TNI Polri & Abdi Negara

STTAL Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakatmascipoldotcom, Rabu, 11 Nopember 2020 (25 Rabi’ul Awwal 1442 H)

Surabaya – Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya adalah sebuah Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Kedinasan TNI Angkatan Laut yang mempunyai visi dan misi menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter dan berkepribadian Indonesia ikut serta melaksanakan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya dengan menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. secara resmi membuka sekaligus memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh STTAL dengan Tema “Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat, STTAL hadir dan peduli kepada masyarakat dalam masa Pandemi Covid-19”, dilanjutkan dengan Sambutan Camat Krembangan Surabaya, Bapak Agus Tjahyono, S.STP., M.Si. bertempat di Gedung Marore Lantai II Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya, Rabu (11/11/2020).

Selanjutnya Pemberian Cindera Mata dan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) antara lain dari Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. kepada Camat Krembangan Surabaya dan RSAL dr. Ramelan Surabaya serta Rumkital dr. Oepomo Lantamal V Surabaya, dari Bapak Dr. H. Andi Arief Pribadi, M.M.Tr. kepada Satkes Kodiklatal Surabaya dan dari Bapak Ir. Wisnu Iriawan Widodo, S.H. kepada Rumkital dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda serta dari Bapak H. Zainul Muttaqin, S.Ag., M.A., M.Pd. (Ketua Yayasan Tuna Netra Surabaya) kepada Puskesmas Krembangan Surabaya.

Kegiatan Pembukaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dihadiri juga oleh Wakil Komandan STTAL Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., Pejabat teras STTAL, Camat Krembangan Surabaya, Kasatkes Kodiklatal, Karumkit Dr. Oepomo Lantamal V Surabaya, Kepala Puskesmas Krembangan Surabaya, perwakilan mahasiswa STTAL, peserta penyuluhan dan perwakilan masyarakat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni jadilah contoh teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau new normal di lingkungan TNI AL dan sekitarnya.

Dengan mempertimbangkan kondisi Pandemi Covid-19, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun ini dilaksanakan secara terpisah pada dua tempat, yaitu di lingkungan sekitar Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Bumimoro – Morokrembangan Surabaya yakni dilaksanakan di lingkungan sekitar Kecamatan Krembangan Surabaya dan khusus untuk S1 Hidrografi serta Prodi D-3 Hidro-oseanografi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Jakarta dilaksanakan di lingkungan sekitar Pelabuhan Muara Baru Jakarta.

Setelah selesai secara resmi dibuka oleh Komandan STTAL, di Gedung Marore Lantai II Kampus STTAL Bumimoro Surabaya dilanjutkan dengan Penyuluhan tentang “Meningkatkan Imun di tengah Pandemi Covid-19 oleh Tim Penyuluh dari Satkes Kodiklatal Surabaya dan dari Tim Penyuluh Sekesal Kodiklatal Surabaya memberikan penyuluhan tentang pembuatan Hand Sanitizer dan Cairan Disinfektan serta penyuluhan tentang pemanfaatan pekarangan dan pembuatan kompos oleh Tim Penyuluh dari STTAL. Sedangkan untuk kegiatan di Kampus STTAL Hidros Jakarta dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 diantaranya adalah Pengukuran kedalaman Dermaga Muara Baru Jakarta.(Ezl) Sumber : Penerangan STTAL.