Polda Banten dan Pemprov Banten Gelar Operasi Yustisi 7

Polres Simalungun Olah TKP Truk Fuso Tabrak Beruntun Korban 11 Kendaraan

Headline Muhasabah Sumatera Utara

Polda Banten dan Pemprov Banten Gelar Operasi Yustisi 1mascipoldotcom, Kamis, 19 Nopember 2020 (4 Rabi’ul Akhir 1442 H)

Simalungun | Hanya berselang beberapa jam pasca kejadian,Tim Buru Sergap Satlantas Polres Simalungun berhasil menangkap sopir truk maut yang terlibat kecelakaan di Jalan Asahan KM 4 -5 jurusan Pematangsiantar – perdagangan, Nagaori Dolok marlawan Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Sopir itu kabur saat peristiwa kecelakaan yang menewaskan 5 orang tersebut terjadi.

Kecelakaan yang terjadi pada Kamis (18/11/2020) sekira pukul 09.00 WIB itu melibatkan lima sepeda motor dan 6 kendaraan roda empat.

Polda Banten dan Pemprov Banten Gelar Operasi Yustisi 3Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo yang turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) menjelaskan,sebelum terjadinya kecelakaan lalu lintas, mobil truk mitsubishi fuso BM 8238 ZU datang dari arah Pematangsiantar menuju arah Perdagangan dengan kecepatan tinggi.

“Setibanya di tempat kejadian mobil alami rem blong sehingga menabrak 6 unit mobil dan 5 unit sepeda motor yang berjalan di depan searah jurusannya dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas,”ungkap Agus

Sementara itu identitas sang sopir truk maut yang telah ditangkap itu yakni bernama Suratman (57) warga Huta Sidodadi Nagori Pematang Silampuyang Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun.

Lanjut Agus,Sopir maut tersebut ditangkap, setelah adanya laporan masyarakat atas keberadaan Suratman melalui aplikasi Horas Paten milik Polres Simalungun

Polda Banten dan Pemprov Banten Gelar Operasi Yustisi 5“Terhadap tersangka Suratman kata Kapolres itu kini sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolres Simalungun,”tutur Kapolres itu

Usai kejadian,Satlantas Polres Simalungun yang dibantu Tim Traffic Analisis Accident (TAA) Polda Sumatera Utara melakukan TKP dan pemeriksaan kondisi kendaraan truk itu. Hasilnya ditemukan bahwa kondisi truk tersebut tidak layak jalan,imbuh Agus

Selain korban jiwa,kerugian materi akibat kecelakaan itu sebut Agus mencapai Lima. Puluh juta rupiah

Berikut data korban meninggal dunia dan luka-luka.

Polda Banten dan Pemprov Banten Gelar Operasi Yustisi 6Pengendara satu unit yamaha vixion BK- 6208-TAU Nama : Hotdiman Sidabutar (58) Wiraswasta, alamat Jln Asahan Km IV Simpang karang anyer Kel. Dolok marlawan kec. Siantar Kab. Simalungun mengalami luka berat dan meninggal dunia dalam perawatan di RS Vita Insani Pematangsiantar.

Penumpang satu unit yamaha vixion BK-6208-TAU Nama : DIGIBRAN NATHANAEL SIDABUTAR, Lk, katholik, 3 Thn, Ikut Orang Tua, alamat Jln Asahan Km IV Simpang karang anyer Kel. Dolok marlawan kec. Siantar Kab. Simalungun meninggal dunia di TKP.

Penumpang satu unit yamaha vixion BK-6208-TAU Nama : FINCENT REY AMSAL SIDABUTAR, Lk, katholik, 7 Thn, Ikut Orang Tua, alamat Jln Asahan Km IV Simpang karang anyer Kel. Dolok marlawan kec. Siantar Kab. Simalungun meninggal dunia di TKP.

Polda Banten dan Pemprov Banten Gelar Operasi Yustisi 9Penumpang satu unit yamaha vixion BK-6208-TAU Nama : LOVE VIONA ANGELY SIDABUTAR, Pr, katholik, 6 Thn, Ikut Orang Tua, alamat Jln Asahan Km IV Simpang karang anyer Kel. Dolok marlawan kec. Siantar Kab. Simalungun mengalami luka berat dan meninggal dunia di RS Vita Insani Pematangsiantar.

Pengendara Sepeda motor Yamaha Mio BK-5258-WAA Nama CARLES SIANIPAR, Lk, 45 Tahun, Pengemudi, Kristen, alamat jln bunga jaitun Kel Rambung merah kec Siantar kab Simalungun mengalami luka berat dan meninggal dunia di RS Vita Insani Pematangsiantar.

Pengendara spm Vario BK-4157-TAZ Nama : ARBAIN, 35 Thn, islam, wiraswasta, alamat kerasaan I kec. Pem bandar kab simalungun mengalami luka ringan dirawat di RS Vita Insani Pematangsiantar.

Pengendara sepeda motor honda supra x 125 BK-4671-TAR Nama : MULIADI HARAPAP, 73 Thn, Islam, Wiraswasta, alamat jln sabang merauke gg bina no 24 kec. Siantar selatan kota pematangsiantar mengalami luka benturan di kepala dirawat di RS Vita Insani Pematangsiantar. No HP : 081361441985

Pengendara Sepeda motor honda beat BK-5637-TAN Nama DESI NOVIANTI HUTABARAT, Pr, Perawat, 30 Thn, kristen, alamat jln viyata yudha siantar sitalasari kota pematangsiantar mengalami luka ringan dirawat di RS Vita insani Pematangsiantar.

Pengemudi Satu unit Mobil daihatsu Terios BK 1009 Nama : SURYAMSYAH, LK, 41 Thn, islam, swasta, alamat nagori margo mulio kec. Gunung malela kab. Simalungun tidak mengalami luka.

Pengemudi Satu Unit Mobil Sinar Bangun BK 1353 TU Nama : SUYANTO, LK, 45 Tahun, islam, Pengemudi, alamat nagori bandar siantar kec gunung malela kab simalungun tidak mengalami luka.

Penumpang angkot sinar bangun nama SRI EKA NOVRIANI, Pr, 38 Thn, pegawai honorer, islam, alamat Jln Merpati no 27 kel sipinggol-pinggol kec. Siantar barat kota pematangsiantar mengalami luka robek di kepala dirawat di rs vita insani Pematangsiantar. No HP : 085262347196

Penumpang angkot sinar bangun Nama : SUDARMA, 40 Thn, isalam, wiraswasta, alamat Huta B margo mulio kecamatan gunung malela kabupaten simalungun mengalami luka ringan dirawat di RS Vita Insani Pematangsiantar. No Hp : 085296337770

Satu unis Mobil Toyoya Fortuner BK 1434 WH dikemudikan YUNUS SITOMPUL, Lk, 56 Thn, islam, wiraswasta, alamat jln haji ulakma sinaga nagori rambung merah kec. Siantar kab. Simalungun setelah kejadian mengalami luka ringan dan berobat jalan.

Satu unit Mobil Toyota Inova Bk 1811 MS dikemudikan MARSUDI, LK, 50 Thn, wiraswasta, islam ,alamat kel ranjung sari kec medan selayang kota medan, tidak alami luka.

Satu Unit Mopen Siantar Jaya BK 1145 TU dikemudikan SURATNO, LK, 54 Tahun, islam, wiraswasta, alamat nagori karang anyer kec gunung maligas kab simalungun tidak mengalami luka.

Satu unit Mopen Bandar Jaya BK 1132 WC dikemudikan ROBERTO SIAGIAN, Lk, 20 Thn, kristen, wiraswasta, alamat nagori bt VI Kec. Siantar kab. Simalungun tidak mengalami luka.(joe) humas_polres_simalungun.

————

Renungan

BAGAIMANA MENYELAMATKAN DIRI DARI SIKSA KUBUR DAN SIKSA NERAKA?

Pertanyaan:
Sebagai seorang Muslim pasti berkeinginan agar terselamatkan dari siksa kubur dan adzab neraka. Bagaimanakah cara menyelamatkan diri dari kedua siksa tersebut?

Jawaban:
Sebuah pertanyaan yang sangat bagus yang menunjukkan perhatian si penanya terhadap akhirat, disaat banyak orang justru tersibukkan dan tertipu dengan berbagai tipuan dunia. Semoga Allâh Azza wa Jalla menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang lebih berantusias terhadap kehidupan akhirat dibandingkan kehidupan dunia.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami menghadirkan jawaban Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin.[1]Beliau rahimahullah menjawab:

Cara menjaga diri dari siksa tersebut yaitu dengan melakukan amalan-amalan shalih yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allâh Azza wa Jalla. Dan suatu amalan akan disebut amal shalih, jika memenuhi duasyarat, yaitu:

Pertama, ikhlash karena Allâh Azza wa Jalla . Artinya seseorang yang melakukan ibadah tidak memiliki maksud dan tujuan lain selain mencari ridha Allâh Azza wa Jalla dan dalam mencari kehidupan akhirat, tidak bermaksud riya’ (pamer, agar amalannya dilihat orang lain), tidak juga sum’ah (agar amalannya didengar orang lain), tidak pula menginginkan pujian manusia serta tidak menginginkan dunia.

Kedua, yang dilakukan itu bukan sesuatu yang dibuat-buat dalam agama Allâh Azza wa Jalla .

Karena Allâh Azza wa Jalla tidak akan menerima suatu amalan kecuali yang diikhlaskan untuk-Nya dan sesuai dengan syari’at-Nya. Dalil tentang kewajiban ikhlash yaitu firman Allâh Azza wa Jalla dalam hadits Qudsiy:

أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنْ الشِّرْكِ، مَنْ عَمِلَ عَمَلًا أَشْرَكَ فِيهِ مَعِي غَيْرِي تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ

Saya paling tidak butuh kepada sekutu. Barangsiapa melakukan suatu amalan yang dia menyekutukan Aku dan yang selain Aku dalam amalan tersebut, maka Aku tinggalkan dia bersama sekutunya.[2]

Dan berdasarkan sabda Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa melakukan suatu amalan yangbukan dari ajaran kami, maka amalannya tersebut tertolak.[3]

Diantara yang bisa menjadi sebab seseorang terselamatkan dari siksa kubur adalah membersihkan diri dan bersuci dengan sempurna dari kencing saat selesai kencing. Dalam shahih al-Bukhâri, dan Muslim disebutkan sebuah hadits dari Ibnu Abbâs Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati dua kuburan lalu Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَنْزِهُ مِنْ بَوْلِهِ، وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ

Sungguh keduanya sedang diadzab dan mereka berdua diadzab bukan karena suatu yang besar. Salah seorang diantara merekatidak menjaga diri dari air kencing dan sedangkan yang satu lagi dia pernah berjalan menebar namimah (menebar keburukan orang lain untuk mengadu domba-red)[4]

Dalam hadits yang lain diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اسْتَنْزِهُوا مِنْ الْبَوْلِ فَإِنَّ عَامَّةَ عَذَابِ الْقَبْرِ مِنْ الْبَوْلِ

Sucikanlah diri kalian dari air kencing,karena kebanyakan siksa kubur itu disebabkan oleh air kencing

Diantara yang bisa menyelematkan seseorangdari siksa kubur adalah semakin sering memohon kepada Allâh Azza wa Jalla agar dilindungi dari adzab kubur. Oleh karena itu, nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihiwa sallam menyuruh kita untuk memohon perlindungan kepada Allâh Azza wa Jalla dari empat hal saat kita duduk tasyahhud dalam shalat. Kita dianjurkan untuk mengucapkan doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَات

Wahai Allâh! Aku memohon perlindungankepada-Mu dari adzab neraka jahannam; Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari adzab kubur; Aku memohonperlindungan kepada-Mu dari fitnah Dajjal dan aku memohon perlindungankepada-Mu dari fitnah dalam kehidupan dunia dan fitnah setelah kematian(datang).

– selesai jawaban Syaikh-.

(Itulah beberapa sebab atau cara untuk menyelamatkan diri dari siksa kubur dan adzab api neraka. Semoga kita termasuk orang diselamatkan dari siksa kubur dan juga siksa neraka. Allâh Azza wa Jalla berfirman:

فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali Imran/3:185]

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 07/Tahun XXI/1439H/2017M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]
_______
Footnote
[1] Fatâwâ Nûr alad dharb, 12/12
[2] HR. Muslim, no. 2985
[3] HR. Al-Bukhâri, no. 2550 dan Muslim, no. 1718
[4] HR. Al-Bukhâri, no. 215 dan Muslim, no. 292