bantuan kapolres nias 5

Polres Nias Fasilitasi Keluarga Kurang Mampu Dapatkan Hak Sebagai Penduduk Nias

Headline Muhasabah Sosok Bhayangkara Sumatera Utara

bantuan kapolres nias unggjmascipoldotcom – Kamis, 21 Mei 2020 (28 Ramadhan 1441 H)

Gido – Kepolisian Resor Nias terus berupaya memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain membantu warga terdampak covid – 19, Polres dengan wilayah hukum 3 Kabupaten 1 Kota ini memfasilitasi keluarga kurang mampu, mendapatkan hak sebagai penduduk Kabupaten Nias.

Keluarga Ibu Yunia Waruwu, viral di media sosial Facebook melalui unggahan akun Restu Ndraha (19/05/2020) lalu, Dalam unggahan disebutkan bahwa Ibu dengan 7 anak ini serba kekurangan dan tidak pernah mendapat bantuan dari Pemerintah serta belum terdata sebagai warga Kabupaten Nias.

“Keluaraga seorng janda yang tidak beruntung dalam menghadapi pandemi covit 19 yang hidup serba susah dimana tidak pernah menerima bantuan apa pun dari pemerintah, baik daerah maupun pusat dan apalagi blt dari dana desa, karna belum terdata warga desa hilizoi kec. Gido kab nias (2.5 tahun hanya berdomisili) mohon kepd para dermawan untk membantu keluarga ibu ni, apa lagi anak anaknya belum pernah menginjakkan kaki didunia pedidikan, dan lagi ibu ini sering sakit sakitan…..,” unggah akun Facebook Restu Ndraha.

Informasi ini mendapat perhatian serius dari Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan,S.I.K, MH.

Kasat Reskrim Iptu Martua Manik, SH, MH bersama Kapolsek Gido AKP Meiman K. Gea diperintahkan untuk mengecek kebenaran informasi sekaligus menyerahkan bantuan Polres Nias kepada Ibu Yunia Waruwu dan 7 anaknya, Rabu (20/05/2020) siang.

bantuan kapolres nias 5“Kami dari Polres Nias turut prihatin dengan apa yang dialami Ibu Yunia Waruwu dan anak – anaknya. Sehingga kami langsung turun meninjau lokasi dan menyerahkan bantuan kepada keluarga tersebut, “ ujar AKBP Deni.

Lebih lanjut, Kapolres Nias menyampaikan bahwa Polres Nias akan memfasilitasi perpindahan penduduk keluarga Yunia Waruwu untuk mendapatkan haknya dari pemerintah setempat.

“ Dari data yang diperoleh, keluarga Ibu Yunia Waruwu sebelumnya berasal dari Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan dan masih tercatat sebagai warga disana. Sudah 2 tahun lebih keluarga tersebut pindah dan berdomisili di Desa Hilizoi Kecamatan Gido Kabupaten Nias dan belum mengurus administrasi pindah penduduk, “

bantuan kapolres nias 4“Hal ini menjadi perhatian kita, Polres Nias akan memfasilitasi proses administrasi pindah penduduk keluarga tersebut dari Kabupaten Tapanuli Selatan ke Kabupaten Nias, sehingga keluarga Ibu Yunia Waruwu mendapatkan hak atau pun bantuan dari pemerintah, “ tegas Perwira Menengah yang telah mengabdi 2 tahun lebih sebagai Kapolres Nias ini. (RG/Bid Humas Polda Sumut).

——

Renungan

BERBUAT BAIK KEPADA ORANG-ORANG LEMAH

Oleh Dr Fadhl Ilahi

bantuan kapolres nias 3Termasuk di antara kunci-kunci rizki adalah berbuat baik kepada orang-orang miskin. Nabi yang mulia Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa para hamba itu ditolong dan diberi rizki disebabkan oleh orang-orang yang lemah di antara mereka.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’d Radhiyallahu anhu ia berkata, ‘Bahwasanya Sa’d Radhiyallahu anhu merasa dirinya memiliki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ؟

“Bukankah kalian ditolong [1] dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah di antara kalian?” [2]

bantuan kapolres nias 1Karena itu, siapa yang ingin ditolong Allah dan diberi rizki olehNya maka hendaknya ia memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia juga menjelaskan bahwa keridhaannya Shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat diperoleh dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin.

Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

اِبْغُوْنِيْ فِي ضُعَفَائِكُمْ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَ تُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ

“Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian” [3]

Menjelaskan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas Al-Mulla Ali Al-Qari berkata, ‘Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin di antara kalian. [4]

Dan barangsiapa berusaha mendapatkan keridhaan kekasih Yang Maha Memberi rizki dan Maha Memiliki kekuatan dan keperkasaan, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin, niscaya Tuhannya akan menolongnya dari para musuh serta akan memberi rizki.

[Disalin dari kitab Mafatiihur Rizq fi Dhau’il Kitab was Sunnah, Penulis DR Fadhl Ilahi, Edisi Indonesia Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Penerjemah Ainul Haris Arifin, Lc. Penerbit Darul Haq- Jakarta]
_______
Footnote
[1]. (Seperti) ditolong dari serangan musuh [Murqatul Mafatih, 9/84
[2]. Shahihul Bukhari (yang dicetak bersama Umdatul Qari), Kitab Al-Jihad was Siyar, Bab Man Ista’ana Bidh Dhu’afa Wash Shalihin Fil Harbi, no. 108, 14/179
[3]. Al-Musnad 5/198 (cet. Al-Maktab Al-Islami) ; Sunan Abi Daud Kitab Al-Jihad, Bab Al-Intishar bi Radhalil Khail Wadh Dha’fah, no. 2591, 7/183 ; Jami’ut Tirmidzi, Ababul Jihad, Bab Ma Ja’a Fil Istiftah bi Sha’alikil Muslimin, no. 1754, 5/291, dan redaksi ini adalah miliknya ; Sunan An-Nasa’i, Kitab Al-Jihad, Al-Istinshar bidh Dha’if 6/45-46 ; Al-Ihsan Fi Taqribi Shahih Ibni Hibban, Kitab As-Siar, Bab Al-Khuruj wa Kaifiyatul Jihad, Dikru Istihbabil Intishar bi Dhu’aafa’il Muslimin ‘inda Qiyamil Harbi ‘ala Saq, no. 4767, 11/85 ; Al-Mustadrak ‘alash Shahihain, Kitab Al-Jihad, 2/106. Tentang hadits ini Imam At-Tirmidzi berkata, Ini adalah hadits Hasan Shahih. (Jami’ut Tirmidzi, 5/292). Dan dishahihkan oleh Imam Al-Hakim. (Lihat, Al-Mustadrak, 2/106). Disepakati oleh Adz-Dzahabi (Lihat, At-Talkish, 2/106). Juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani. (Lihat Shahih Sunan Abu Daud, 2/492 ; Shahih Sunan At-Tirmidzi, 2/140 ; Shahih Sunan An-Nasa’i 2/669 ; Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah, no. 779, 2/422