Prajurit Satkat Koarmada II Ikuti Pengisian Kuesioner

KRI Pulau Rupat-712 Laksanakan Uji Fungsi Sonar

Headline Jawa Timur Kombat TNI Polri & Abdi Negara

mascipoldotcom, Sabtu, 14 Nopember 2020 (28 Rabi’ul Awwal 1442 H)

Surabaya – Guna mempertahankan kemampuan Sonar Buru Ranjau Triparte Class yang dimiliki TNI AL, KRI Pulau Rupat-712 dari Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II, melaksanakan uji kemampuan deteksi dan klasifikasi terhadap kontak bawah air, bertempat di Dermaga Surabaya Jumat (13/11).

Latihan yang dilaksanakan dengan metode Conning Run Prosedure, bertujuan melatih pengawak sonar dan tim Deck Party dalam melaksanakan marking terhadap sebuah obyek bawah laut sekaligus untuk mengetahui Minelike Echo yang diterima sonar.

Kegiatan yang disaksikan oleh Komandan KRI Pulau Rupat-712 Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan dan staf Dislaikmatal Letkol Laut (T) Hasan, serta Dissenlekal Letkol Laut (E) Irfan Suri ini, juga untuk melatih operator sonar pemburuan ranjau hingga jarak terjauh, sehingga mampu menangkap sebuah obyek bawah laut.

” Uji fungsi ini diharapkan mampu mempertahankan fungsi asasi kapal buru ranjau, dan meningkatkan profesionalisme prajurit sekaligus kaderisasi terhadap prajurit Satran Koarmada II dalam bidang peperangan ranjau khususnya Pemburuan Ranjau, ” terang Letkol Ferry Kurniawan.

Menurutnya uji fungsi ini juga sesuai dengan arahan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan untuk terus meningkatkan kemampuan prajurit, dan meningkatkan kondisi teknis KRI juga menindaklanjuti program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang Modernisasi KRI, Pesud dan Matpur menuju kekuatan yang siap dioperasikan (ORF). Ezl, Sumber : Pen2