IMG 20200826 WA0015

Komascipol DPD Bojonegoro Baksos Rutin Sebulan Sekali Pembagian Beras Kepada Kaum Du’afa Korban Covid-19

Headline Aksi Nyata DKI Jakarta Jawa Timur Muhasabah

IMG 20200826 WA0012mascipoldotcom, Rabu, 26 Agustus 2020 (07 Muharam 1442 H)

Bojonegoro – Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara dan Pengurus lainnya baik DPW dan DPD seluruh Indonesia dibawah kendali Koordinator Nasional dan Ketua Umum telah komitmen mendukung penuh Program Pemerintah ketahanan pangan Nasional yang dicanangkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si.

Saat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meresmikan Program Kampung Tangguh Nusantara di objek wisata Aquaculture Mangrove Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020).

Saat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa “Acara yang bertajuk Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19”.

IMG 20200826 WA0013Secara rutin minimal satu bulan sekali Program Pemerintah ketahanan pangan Nasional telah di laksanakan oleh pengurus Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara seluruh Indonesia, baik tingkat DPW atau Propinsi maupun tingkat DPD atau Tingkat Kota atau Kabupaten.

“Bakti Sosial pembagian paket sembako yang dilakukan oleh pengurus Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara baik tingkat DPW maupun tingkat DPD merupakan wujudkan dukungan ketahanan pangan yang merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19”. ungkap Kornas Mascipol Indonesia Ustadz Abu Munzier Hafizdohulloh, Selasa, 26/8/2020, pukul 18.30 WIB.

Program kerja Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara bukan hanya baksos pada masyarakat terdampak wabah covid-19 saja akan tetapi menjangkau sampai kedesa-desa khususnya pada korban bencana alam lainnya yang selalu bersinergi bersama TNI dan Polri yang merupakan bagian upaya inovasi mencegah meluasnya dampak dari wabah Covid-19.

IMG 20200826 WA0014“Kami selalu bersinergi bersama TNI dan Polri serta Abdi Negara lainnya, memberikan imbauan agar masyarakat patuh dan taat dengan himbauan pemerintah dan penerapan protokol kesehatan, keamanan, dan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan “new normal” yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baik dilingkungan pengurus maupun di daerah bencana”. tutur Ustadz Abu Munzier selaku Kornas Mascipol Indonesia-Sahabat TNI Polri & Abdi Negara.

Masih menurut Kornas Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara, “Dalam pelaksanaan program kerja ketahanan pangan ini yang telah di wujudkan dengan bakti sosial pembagian paket sembako, paket daging dan beras minimal 5 Kg dengan melibatkan dan sinergitas bersama TNI dan Polri, kami juga bersinergi bersama perangkat desa setempat, baik Ketua RT maupun Ketua RW dan perangkat desa lainnya”. sambung Kornas.

Sesuai arahan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo melalui Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendreral Polisi Idam Azis, mengatakan bahwa kesediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu harus tetap terjaga.

“Agar warga masyarakat khususnya kaum du’afa dilingkungan pengurus Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara seluruh Indonesia dan tetap dapat makan, maka minimal setiap bulan sekali kami anjurkan para pengurus untuk menyambangi warga khususnya kaum duafa walau hanya dapat membantu minimal 5 Kg beras”. lanjut Kornas.

Sebagai mana yang telah dilakukan pengurus DPD Bojonegoro telah melakukan pembagian 80 paket beras kepada kelurga dhuafa disekitar Masjid Ibnu Abbas Sembung Kapas Bojonegoro .

“Ahad, 23 Agustus 2020 Pkl. 16:00 WIB DPD Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara Bojonegoro bekerja sama DKM Ibnu Abbas dan Yayasan Mutiara Sunnah Bojonegoro telah menyalurkan 80 paket beras @ 5 Kg kepada kaum dhuafa yang tinggal disekitar Masjid Ibnu Abbas Sembung Kapas Bojonegoro”. bener Kornas Ustadz Abu Munzdir Al Ghifary hafidhohulloh.

“Pembagian ke 80 Paket Beras dipimpin langsung oleh ketua Komascipol-Kombat TNI Polri & Abdi Negara DPD Bojonegoro Bapak. Muhammad Khoirul Anam dan dalam pengawasan ️Pembina
Bapak. Nouval Baswedan dan Ustadz Ahmad Burhanudin”. tutup Kornas.

————–

Renungan

Siapakah Orang Miskin Dan Fakir

Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Siapakah orang miskin yang berhak menerima zakat? Dan apakah perbedaan antara miskin dan fakir?

Jawaban

Orang miskin adalah “orang fakir” yang tidak mempunyai sesuatu yang mencukupi kebutuhannya, sementara orang fakir adalah orang yang lebih membutuhkan darinya. Keduanya  termasuk golongan yang berhak menerima zakat yang disebutkan dalam firmanNya.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat… [At-Taubah/9 : 60]

Barangsiapa yang mempunyai pemasukan yang dapat mencukupinya untuk makan, minum, pakaian dan tempat tinggal, baik dari wakaf, pekerjaan, jabatan atau sejenisnya, maka ia tidak disebut fakir maupun miskin, dan zakat tidak boleh diberikan kepadanya.

[Disalin dari Fatawa Az-Zakah Penyusun Muhammad Al-Musnid, Edisi Indonesia Fatwa Seputar Zakat, Penerjemah Ahmad Syaikhu, Sag. Penerbit Darul Haq]