IMG 20200819 WA0181

Koarmada II, Gelar Sosialisasi Pemberantasan Narkoba

Headline Jawa Timur Muhasabah

mascipoldotcom, Rabu, 19 Agustus 2020 (29 Dzulhijah 1441H)

Jatim – Kepala Staf Koarmada II (Kasarmada II) Laksma TNI Teguh Isgunanto bersama Pejabat utama dan para Perwira Koarmada II menerima paparan tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) oleh Brigjen Pol Bambang Priyambadha selaku Kepala BNNP Jatim beserta Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim yang bertempat di Lounge Majapahit, Selasa (18/08).

Dalam paparannya Brigjen Pol Bambang mengatakan, “ Narkoba adalah ancaman nyata bagi bangsa Indonesia. Penyalahgunaan narkoba memiliki kecenderungan meningkat dengan korban dari kalangan anak-anak hingga aparat Negara. Dengan data hasil survei prevalensi penyalahgunaan narkoba pada tahun 2019 bahwa ada 3 jenis narkoba yang paling banyak dikonsumsi yaitu ganja sebanyak 65,5% kemudian sabu sebanyak 38% dan ekstasi 189% dengan jumlah pemakai dalam kurun waktu satu tahun terakhir di jawa timur sejumlah 554.108 orang, ” ungkap Brigjen Pol Bambang

“ Melihat hal tersebut kejahatan narkoba dapat digolongkan dalam kejahatan luar biasa dan serius. Pasalnya dapat merusak sendi-sendi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Terlebih lagi kejahatan narkoba bersifat lintas negara dan sangat terorganisir, ” imbuhnya.

Selaras seperti yang telah disampaikan oleh Brigjen Bambang, Kasarmada II Laksma Teguh menekankan” Tidak ada pilihan lain bagi Prajurit Koarmada II untuk menyatukan tekad, semangat dan kebersamaan guna melawan, serta saling bersinergi memutus penyebaran narkoba meskipun di tengah-tengah pandemi covid-19.

Oleh karena itu bukan hanya BNN namun semua pihak harus turun tangan untuk melawan kejahatan narkoba ini. Saya berharap kepada seluruh prajurit dapat terhindar dari masalah narkoba. Sebab arahan dan kebijakan Pimpinan TNI sangat jelas, yakni tidak mentolerir penyalahgunaan narkoba,“ tegas Kasarmada.

Usai paparan acara dilanjutkan penyerahan cindera mata dari Koarmada II kepada Kepala BNNP Jawa timur dan Foto bersama.(Ezl)Sumber : Ndr/Pen2

————-

Renungan

Pecandu Narkoba Memberi Nafkah Kepada Anak Dan Istri

Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Bagaimana hukumnya wanita menggugat cerai dari suaminya yang pecandu narkoba ? Bagaimana hukumnya tinggal bersamanya? Sementara tidak ada seorangpun yang menafkahinya dan anak-anaknya selain suami yang pecandu tersebut?

Jawaban
Gugatan cerai wanita tersebut dari suaminya yang pecandu narkoba boleh, karena kondisi suaminya tidak diridhai oleh agama. Jika perceraian terjadi maka anak-anak berada di bawah asuhan ibunya selama belum mencapai usia tujuh tahun, sementara ayah mereka tetap diwajibkan menafkahi mereka. Tapi jika memungkinkan bagi istri untuk tetap tinggal bersamanya agar bisa memperbaiki suaminya dengan nasihat, maka itu lebih baik.

(Fatawa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin 2/803)

[Disalin dari kitab Fatawa Ath-Thiflul Muslim, edisi Indonesia 150 Fatwa Seputar Anak Muslim, Penyusun Yahya bin Sa’id Alu Syalwan, Penerjemah Ashim, Penerbit Griya Ilmu]