00 Kasus Penyerangan Terhadap Anggota TNI AD Kembali Terjadi di Papua Barat.

Kasus Penyerangan Terhadap Anggota TNI AD Kembali Terjadi di Papua Barat. 4 Anggota TNI AD dari Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan Tewas dan 1 Dinyatakan Hilang

Headline Kombat TNI Polri & Abdi Negara Papua Barat

mascipoldotcom – Sabtu, 04 Septenber 2021 (27 Muharram 1443 H)

Kasus penyerangan terhadap anggota TNI AD kembali terjadi di Papua Barat. Tidak tanggung-tanggung 4 anggota TNI AD dari Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan tewas dan 1 dinyatakan hilang.

Sebanyak empat anggota TNI Angkatan Darat ditemukan meninggal dunia akibat diserang oleh sekelompok kelompok orang tidak (OTK) dikenal di Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (2/9) pukul pukul 03.00 WIT.

Keempat prajurit TNI AD tersebut diserang saat sedang tidur di Posramil Kisor. Ketiga anggota TNI AD yang ditemukan meninggal dunia tersebut masing-masing Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan Lettu Chb Dirman.

Sedangkan Lettu Chb Dirman Komandan Posramil Kisor ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di dalam semak-semak belukar tak jauh dari pos.

Berdasarkan informasi yang diterima masih ada satu anggota TNI AD Pratu Ikbal hingga kini dinyatakan hilang dan belum ditemukan.

Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Letnan Kolonel Arm Hendra Pesireron yang dihubungi membenarkan kejadian tersebut dan dalam evakuasi.

Informasi terkait dengan Penyerangan Kelompok Separatis di Posramil Kisor Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat

Dikutip dari laporan fakta lapangan yang beredar WhatsApp adalah;

Pada hari Rabu tanggal 02 September 2021 diperkirakan sekitar Pukul 03.00 WIT, bertempat di Posramil Kisor Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, telah diperoleh informasi dari Mayor Inf Cahyo Widodo (PLH Kasdim 1809/Maybrat) terkait informasi adanya penyerangan oleh Pok Separatis Wilayah Maybrat ± 50 orang terhadap Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan.

Adapun yang dapat dilaporkan, sebagai berikut;

Bahwa Kasdim menerima informasi dari sumber (Danposramil Kisor Lettu Chb Dirman) yang menyampaikan bahwa, telah terjadi Penyerangan terhadap anggota Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan yang dilakukan oleh kelompok Separatis ± 50 orang wilayah Kisor yang mengakibatkan 3 orang personel anggota Posramil Kisor meninggal dunia (Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari), 1 luka berat a.n Sertu Juliano dan hilang 2 orang a.n Lettu Chb dirman (Danposramil) dan pratu Ikbal.

Dengan adanya informasi tersebut, Dpp. PLH. Kasdim beserta 25 orang anggota Kodim dan Koramil Ayamaru bersenjata lengkap persiapan untuk merapat ke Posramil Kisor guna penebalan personel untuk mengamankan Posramil Kisor.

Pukul 05.00 WIT, Dpp PLH. Kasdim Maybrat beserta 25 orang anggota berpakaian dinas lengkap senjata dan 8 personel Intel (1 Bais, 1 Denintel, 2 Timintel, 3 orang satgas Mandala, 1 Binda) bergerak menuju Posramil Kisor.

Pukul 06.00 WIT, Dpp PLH. Kasdim Maybrat beserta 25 orang anggota berpakaian dinas lengkap senjata dan 8 personel Intel (1 Bais, 1 Denintel, 2 Timintel, 3 orang satgas Mandala, 1 Binda), bergerak menuju Koramil Aifat.

Pukul 07.00 WIT, Dpp PLH. Kasdim Maybrat beserta 25 orang anggota dan personel Intel gabungan sampai di TKP.

Saat ini anggota Posramil yang meninggal dunia sedang dievakuasi menuju ke Kodim 1809/Maybrat.

DPP. PLH Kasdim akan memimpin anggota untuk mencari keberadaan Lettu Chb Dirman dan pratu Ikbal yang diinformasikan lari kearah hutan. Perkembangan selanjutnya akan dilaporkan pada kesempatan pertama. (Wati Ummu Arfi)