Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 2

Kapolsek Cimahi Selatan Pimpin Operasi Yustisi Mendisiplinkan Masyarakat Untuk Mencegah Berkembangnya Wabah Covid-19 Di Kecamatan Cimahi Selatan

Headline Jawa Barat Muhasabah

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 1mascipoldotcom – Jum’at, 09 Oktober 2020 (22 Safar 1442 H)

 

Cimahi – Menindaklanjuti arahan Pimpinan yang telah diperintahkan secara terpusat agar seluruh jajaran TNI dan Polri mendukung penuh program pemerintah untuk melakukan Operasi Yustisi guna mencegah berkembangnya wabah Covid-19, agar terjun langsung membantu untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi himbauan Pemerintah tentang protokol kesehatan.

Satgas Aman Nusa II 2020, Pencegahan Pandemi Covid-19 pelaksana dilapangan tentang Protokol Kesehatan dan monitoring Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK) dalam Operasi Yustisi Penegakan Disiplin sesuai Inpres No. 6 tahun 2020 guna menekan Penyebaran Covid-19.

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 3

Pada hari Jumat tanggal 09 Oktober 2020, pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB, bertempat di Jl. Raya Jend H Amir Mahmud Kebon Kopi Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, telah di laksanakan kegiatan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin INPRES No 6 Tahun 2020, guna menekan penyebaran Covid-19 kepada seluruh penguna jalan, baik pejalan kaki maupun pengendara roda dua dan roda empat.

Ops Yustisi dipimpin langsung oleh Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Ana Sudarna, S.Sos dan dibantu oleh Wakapolsek Cimahi Selatan AKP Heru, hadir dalam Ops Yustisi seluruh personil Polsek Cimahi Selatan.

Petugas memberikan himbauan tentang Protokoler Kesehatan kepada warga masyarakat yang Melintas di Jl Raya Jend H Amir Mahmud Kebon Kopi.

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 4

Kelurahan Cibereum Kecamatan Kec. Cimahi Selatan, dan didapatkan baik penguna jalan yang sedang berjalan kaki maupun berkendaraan roda dua dan roda empat masih banyak yang belum menerapkan dan melaksanakan Protokol Kesehatan Covid–19

“Wajib memakai masker, Mencuci tangan dengan air mengalir pakai sabun/semprot hand sanitizer, menjaga jarak, mematuhi aturan pemerintah, tentang protokol kesehatan, ungkap Wakapolsek Cimahi Selatan AKP Heru. Jum’at, 9/10/2020, pukul 15.00 WIB.

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 9“Hari ini kami hanya melasanakan tindakan teguran, pembinaan dan himbauan serta membagikan masker kepada warga masyarakat baik pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan yang tidak memakai masker” imbuh AKP Heru.

“Selesai melaksanakan Operasi Yustisi kami lanjutkan Penyerahan Bingkisan dan pake sembako untuk kaum Jompo/Lansia” pungkas Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Ana Sudarna, S.Sos. (Enjon Sutrisno)

———-

Renungan

Berbuat Baik Kepada Orang-Orang Lemah

Oleh Dr Fadhl Ilahi

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 5

Termasuk di antara kunci-kunci rizki adalah berbuat baik kepada orang-orang miskin. Nabi yang mulia Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa para hamba itu ditolong dan diberi rizki disebabkan oleh orang-orang yang lemah di antara mereka.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’d Radhiyallahu anhu ia berkata, ‘Bahwasanya Sa’d Radhiyallahu anhu merasa dirinya memiliki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ؟

“Bukankah kalian ditolong [1] dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah di antara kalian?” [2]

Karena itu, siapa yang ingin ditolong Allah dan diberi rizki olehNya maka hendaknya ia memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka.

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 6

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia juga menjelaskan bahwa keridhaannya Shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat diperoleh dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin.

Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

اِبْغُوْنِيْ فِي ضُعَفَائِكُمْ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَ تُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ

“Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian” [3]

Menjelaskan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas Al-Mulla Ali Al-Qari berkata, ‘Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin di antara kalian. [4]

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 7

Dan barangsiapa berusaha mendapatkan keridhaan kekasih Yang Maha Memberi rizki dan Maha Memiliki kekuatan dan keperkasaan, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin, niscaya Tuhannya akan menolongnya dari para musuh serta akan memberi rizki.

[Disalin dari kitab Mafatiihur Rizq fi Dhau’il Kitab was Sunnah, Penulis DR Fadhl Ilahi, Edisi Indonesia Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Penerjemah Ainul Haris Arifin, Lc. Penerbit Darul Haq- Jakarta]
_______
Footnote

[1]. (Seperti) ditolong dari serangan musuh [Murqatul Mafatih, 9/84
[2]. Shahihul Bukhari (yang dicetak bersama Umdatul Qari), Kitab Al-Jihad was Siyar, Bab Man Ista’ana Bidh Dhu’afa Wash Shalihin Fil Harbi, no. 108, 14/179
[3]. Al-Musnad 5/198 (cet. Al-Maktab Al-Islami) ; Sunan Abi Daud Kitab Al-Jihad, Bab Al-Intishar bi Radhalil Khail Wadh Dha’fah, no. 2591, 7/183 ; Jami’ut Tirmidzi,

Kapolsek Cimahi Selatan Melaksanakan Operasi 8

Ababul Jihad, Bab Ma Ja’a Fil Istiftah bi Sha’alikil Muslimin, no. 1754, 5/291, dan redaksi ini adalah miliknya ; Sunan An-Nasa’i, Kitab Al-Jihad, Al-Istinshar bidh Dha’if 6/45-46 ; Al-Ihsan Fi Taqribi Shahih Ibni Hibban, Kitab As-Siar, Bab Al-Khuruj wa Kaifiyatul Jihad, Dikru Istihbabil Intishar bi Dhu’aafa’il Muslimin ‘inda Qiyamil Harbi ‘ala Saq, no. 4767, 11/85 ; Al-Mustadrak ‘alash Shahihain, Kitab Al-Jihad, 2/106. Tentang hadits ini Imam At-Tirmidzi berkata, Ini adalah hadits Hasan Shahih. (Jami’ut Tirmidzi, 5/292). Dan dishahihkan oleh Imam Al-Hakim. (Lihat, Al-Mustadrak, 2/106). Disepakati oleh Adz-Dzahabi (Lihat, At-Talkish, 2/106). Juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani. (Lihat Shahih Sunan Abu Daud, 2/492 ; Shahih Sunan At-Tirmidzi, 2/140 ; Shahih Sunan An-Nasa’i 2/669 ; Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah, no. 779, 2/422
[4]. Lihat, Murqatul Mafatih, 9/84