Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 11

Kapolsek Cibarusah Pimpin Langsung Karang Taruna Cibarusah Kota Baksos Pembagian Buka Puasa

Headline Muhasabah

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 8mascipoldotcom – Minggu, 17 Mei 2020 (Ahad, 24 Ramadhan 1441 H)

Cibarusah – Menjelang waktu berbuka puasa ramadhan 1441 H hari yang ke 24, Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota, mengadakan pembagian ta’jil (iftar) sebanyak 350 bungkus nasi kotak dan air mineral untuk sebagian warga kampung Malaka dan pengguna kendaraan yang melentasi jalan raya Cibarusah kampung Malaka Cibarusah Kota kabupaten Bekasi.

Dari hasil pantauan mascipol.com terlihat Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman,. SH dan Bhabinkamtibmas Cibarusah Kota serta babinsa Koramil Cibarusah kota terjun langsung dalam kegiatan membagi-bagikan nasi kotak dan air mineral kepada warga sekitar kampung Malaka dan para pengendara kendaraan bermotor, acara bagi-bagi iftar di mulai pukul 16.10 sampai dengan jam 17.30 WIB.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa kontributor mascipol.com berbincang-bincang dengan Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman, SH,. yang menyatakan “Kami dari Polsek dan Koramil Cibarusah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Karang taruna kecamatan Cibarusah yang telah berpartisipasi membantu warga di tengah bencana wabah Covid-19, sehingga mereka bisa berbuka puasa bersama keluarga, ini sangat meringankan warga “, ucap AKP Sukarman, Minggu 17/5/2020,.

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 10

Kegiatan yang melibatkan TNI Polri wilayah hukum Polsek Cibarusah dan kepala desa Cibarusah Kota yang bertema GASIKO (Gerakan Nasi Kotak) ini pun mendapatkan apresiasi dari Danramil Kapten CZI Sunu Wardoyo yang di wakilkan oleh Babinsa wilayah Cibarusah kota Serma Muchson.

“kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan terkait dengan masalah wabah Covid-19, tentunya warga sangat senang”, jelas Serma Muchson kepada mascipol.com.

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 9

Tidak luput dari pantauan dalam kegiatan ini hadir juga kepala desa Cibarusah Kota Iwan Setiawan memberikan support langsung kepada organisasi karang taruna.

“Alhamdulillah organisasi Karang taruna bisa membantu kepada masyarakat di tengah Covid-19 ini, saya sangat mensupport dan sangat salut kepada organisasi karang taruna kecamatan Cibarusah”, ucap Iwan Setiawan selaku kepala desa Cibarusah Kota dengan semangat.

Ade Guniwa selaku ketua Karang Taruna kecamatan Cibarusah mengatakan “Giat di bulan suci Ramadhan dalam keadaan pandemi Covid-19 ini semoga bermanfaat untuk warga,walaupun jumlahnya masih jauh dari harapan”, tutup Ade Guniwa ketua Karang Taruna kecamatan Cibarusah. (Wati Ummu Arfi).

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 2—–

Renungan

Mendoakan Orang yang Memberi Buka Puasa

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Ustadz

Saya mau bertanya, bagaimanakah doa untuk mendoakan orang yang mengundang kita untuk buka bersama atau orang yang memberi kita hidangan berbuka?

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 7Jazakallahu khair

Dari: Edi

Jawaban:

Wa’alaikumussalam

Ketika kita tidak berbuka di rumah, seperti berbuka di masjid, atau di tempat orang lain, dan kita diberi hidangan berbuka oleh saudara muslim yang lain, maka kita dianjurkan mendoakan mereka. Sebagai wujud rasa terima kasih kita kepadanya.

Di antara doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah

Pertama,

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 6ALLAHUMMA ATH’IM MAN ATH’AMA-NII WAS-QI MAN SAQAA-NII

Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman.

Hadis selengkapnya:

Dari Al-Miqdad radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

أَقْبَلْتُ أَنَا وَصَاحِبَانِ لِي، وَقَدْ ذَهَبَتْ أَسْمَاعُنَا وَأَبْصَارُنَا مَنَ الجَهْدِ، فَأَتَيْنَا النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم

Saya datang ke Madinah bersama dua temanku. Sementara pendengaran dan penglihatan kami mulai terganggu karena sangat lapar dan kehausan, kemudian kami mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dst.

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 5

Dalam hadis tersebut dinyatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa:

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman.” (HR. Muslim, No.2055).

Kedua,

اللَّهُمَّ بَارِك لَهُم فِيمَا رَزَقْـــتَهُم وَاغْفِرْ لَهُم وَارحَمْهُم

ALLAHUMMA BAARIK LAHUM FII-MAA RAZAQTAHUM, WAGH-FIR LAHUM, WAR-HAM-HUM

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 4Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau anugerahkan kepada mereka, ampuni mereka dan berikanlah rahmat kepada mereka.

Hadis selengkapnya:

Dari Abdullah bin Busr radhiallahu ‘anhu, beliau bercerita:

نَزَلَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَلَى أَبِي، قَالَ: فَقَرَّبْنَا إِلَيْهِ طَعَاماً وَوَطْبَةً [أي حيساً، وهو مكوَّن من التمر والأَقِط والسَّمن] ، فَأَكَلَ مِنْهَا، ثُمَّ أُتِيَ بِتَمْرٍ فَكَانَ يَأْكُلُهُ وَيُلْقِي النَّوَى بَيْنَ إِصْبِعَيْهِ وَيَجْمَعُ السَّبَابَةَ وَالوُسْطَى، ثُمَّ أُتِيَ بِشَرَابٍ فَشَرِبَهُ، ثُمَّ نَاوَلَهُ الَّذِي عَنْ يَمِينِهِ، قَالَ: فَقَالَ أَبِي وَأَخَذَ بِلِجَامِ دَابَّتِهِ: ادْعُ اللهَ لَنَا. فَقَالَ: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِي مَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah singgah di rumah bapakku maka kami suguhkan kepada beliau makanan dan adonan kurma gandum. Beliau pun memakannya. Kemudian disuguhkan kurma kering, beliau pun memakannya dan membuang biji dengan dua jari, telunjuk dan tengah.

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 3Kemudian disuguhkan minuman dan beliau meminumnya. Setelah itu, beliau berikan ke samping kanannya. (setelah hendak pergi), ayahku memohon kepada beliau sambil memegang kekang tunggangan beliau: Berdoalah kepada Allah untuk kami. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan: ALLAHUMMA BAARIK LAHUM FII-MAA RAZAQTAHUM… (HR. Muslim 2042).

Dua doa di atas, berlaku umum, untuk setiap kejadian ketika kita diberi makanan orang lain. Baik ketika sedang puasa maupun di luar waktu puasa.

Ketiga,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْكُمُ الْمَلائِكَةُ

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 1AFTHARA ‘NDAKUMUS-SHOOIMUUN, WA AKALA THA’AAMAKUMUL ABRAAR, WA NAZALAT ‘ALAIKUMUL MALAAIKAH

Orang-orang yang puasa berbuka di tempatmu, orang-orang baik makan hidanganmu, dan para malaikat turun kepadamu

Hadis Selengkapnya:

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

أَنَّ النَبِيَّ صلى الله عليه وسلم جَاءَ إِلَى سَعْدِ بنِ عُبَادَةَ، فَجَاءَ بِخُبْزٍ وَزَيْتٍ فَأَكَلَ، ثُمَّ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: ” أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ

Karang Taruna kecamatan Cibarusah bekerjasama sama dengan TNI Polri dan kepala desa Cibarusah Kota 11Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkunjung ke rumah Sa’d bin Ubadah, lalu disuguhkan kepada beliau roti dan minyak zaitun, beliaupun memakannya. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: AFTHARA ‘NDAKUMUS-SHOOIMUUN….
(HR. Abu Daud 3854, Ibnu Majah 1747, Ad-Darimi dalam sunannya 1813, dan sanadnya dinilai shahih oleh Husain Salim Ad-Darani dalam tahqiq untuk sunan Ad-Darimi).

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina KonsultasiSyariah.com)

Read more https://konsultasisyariah.com/12797-mendoakan-orang-yang-memberi-buka-puasa.html