Kapolres Simalungun Akbp Agus Waluyo S.I.K

Kapolres Simalungun Beri Bantuan Tambahan Modal Usaha ke UMKM, Menjadi Semangat Untuk Tetap Berdagang di Masa Pandemi

Headline Muhasabah Sumatera Utara

Kapolres Simalungun Beri Bantuan Tambahan Modal Usaha 2mascipoldotcom, Senin, 31 Agustus 2020 (12 Muharam 1442 H)

polressimalungun.com – Simalungun – Kapolres Simalungun memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19 di Kabupaten Simalungun.

Dalam kesempatan itu, Akbp Agus juga sempat berdialog dengan pedagang.
Kepada salah satu pedagang Warung Kopi Bapak Sutresno dan Ibu Wati, Kapolres menanyakan modal untuk berdagang warkop. Ibu Wati pun mengatakan modalnya Rp 300 ribu. Bapak Sutresno dan ibu wati berjualan minuman kopi dan teh untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama tiga anaknya.

Selain itu, Kapolres Simalungun Akbp Agus Waluyo, S.I.K., yang didampingi Kasat Reskrim Akp Jeriko, S.I.K., juga berdialog dengan masyarakat yang sedang menikmati kopi dan teh diwarung Bapat Sutresno serta memnyampaikan himbauan serta edukasi untuk tetap memgikuti protokol kesehatan juga disiplin menggunakan masker dalam kehidupan sehahri-hari, Akbp Agus Waluyo, S.I.K., menyerahkan bantuan modal usaha kepada para pedagang di daerah Nagori Bosar, Kec. Panombeian Pane, Kab. Simalungub, Minggu (30/8/2020) secara langsung olehnya kepada sejumlah pedagang di Kec. Panombeian Pane.

Kapolres Simalungun Beri Bantuan Tambahan Modal Usaha 1

Selanjutnya Kapolres Akbp Agus Waluyo. S.I.K., melanjutkan perjalanan dengan berspeda, yang sebelumnya bahwa Kapolres melaksanakan kegiatan olah raga berspeda dan melaksanakan patroli serta pendisiplinan terhadap penggunaan masker.

Beberapa Warung yang Kapolres singgahi serta memberi bantuan seperti Warung Bapak Sutresno, dipinggir jalan Simpang Kantor Nagori Nagori Bosar, Warung Pak Sebul/Ibu Irawati, Kampung sidomulyo 1 Nagori Rukon, Warung Gorengan Ibu Lisnawati kampung rukon, Kabupaten Simalungun. Semua nya pedagang menyatakan banyak trimakasih kepada Bapak Kapolres Simalungun Akbp Agus Waluyo., S.I.K., karena sudah membatu para pedagang untuk menambah modal dagangannya.

Kapolres Simalungun Akbp Agus Waluyo, S.I.K., menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memacu kembali semangat para peserta UMKM untuk terus berdagang dimasa-masa Pandemi Covid-19 ini. Kapolres juga menjelaskan UMKM merupakan sektor yang paling terdampak pandemi COVID-19. Banyak pelaku UMKM yang harus tutup sementara maupun permanen karena tidak lagi memiliki modal. Padahal UMKM menurut Kapolres adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. ‘Dengan demikian Kapolres Simalungun beserta jajaran mendukung pemerintah dalam mendorong pelaku UMKM untuk terus melakukan aktifitas dagang di masa-masa Pandemi Covid-19 ini dengan mengikuti protokol kesehatan serta disiplin menggunakan masker.(Joehary) (Bag Humas Polres Simalungun)

—————–

Renungan

Pinjam Uang Ke Bank Konvensional Untuk Usaha

Pertanyaan

Ustadz, saya mau bertanya. Bolehkah memiinjam uang dari bank konvensional (bank ribawi) untuk modal usaha ? Kalau tidak meminjam, kita kesulitan mendapatkan modal untuk buka usaha.

Jawaban.

Para Ulama telah menetapkan bahwa bank konvensional menggunakan sistem ribawi dalam peminjaman hutang. Padahal riba sudah jelas diharamkan dalam al-Qur`ân, sunnah dan ijmâ’ para Ulama. Sehingga tidak ada lagi yang meragukan keharamannya. Berdasarkan ini, maka tidak boleh meminjam uang di bank konvensional untuk usaha atau non usaha, karena dengan meminjam berarti sama saja dengan membantu praktik ribawi yang dijalankan bank tersebut. Dan untuk kita bersama, modal besar bukan satu-satunya cara untuk memajukan usaha yang kita miliki. Cobalah menggunakan cara-cara lain dalam mencari modal atau berusaha memaksimalkan modal yang ada. Insya Allâh dengan ketakwaan kepada Allâh akan anda dapatkan kemudahan-kemudahan dan jalan keluar dari permasalahan anda. Ingatlah janji Allâh Subhanahu wa Ta’ala.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا﴿٢﴾وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Barangsiapa bertakwa kepada Allâh niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allâh niscaya Allâh akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allâh melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allâh telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. [at-Thalâq/65:2-3]

Dan juga dalam firmanNya :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allâh, niscaya Allâh menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.[at-Thalâq/65:4]

Perbanyaklah ketaatan dan sempurnakanlah ketakwaan, sesungguhnya Allâh Subhanahu wa Ta’ala tidak pernah menyelisihi janjiNya.

Wallahu a’lam.

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 07/Tahun XIV/1431H/2010M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]