Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit 1

Kapolres Sergai, Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit

Headline Muhasabah Sumatera Utara

Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Paritmascipoldotcom, Senin, 31 Agustus 2020 (12 Muharam 1442 H)

Serdang Bedagai – Kapolres Serdang Bedagai AKBP R. Simatupang mengajak masyarakat Desa Sei Parit untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Inpres No 6 Tahum 2020, bertempat Warung Simat, Dusun I, Desa Sei Parit, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (31/08/2020)

Pada kesempatan tersebut Kapolres Serdang Bedagai mengajak masyarakat untuk selalu menggunakan Masker saat melakukan aktifitas, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun.

“Lakukan aktifitas seperti biasa selalu gunakan masker,mejaga jarak, cuci tangan, dan tidak berkumpul, kita harus jadi pelopor protokol kesehatan,” Ujar Kapolres

AKBP Robin juga menghimbau kepada masyarakat agar bekerja seperti biasa namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga roda perekonomian masyarakat tetap berjalan.

Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit 3 1“Dalam Inpres No 6 tahun 2020 memegang prinsip Masyarakat Sehat, Ekonomi Meningkat, jadi tetap bekerja dengan protokol kesehatan,” Kata Kapolres

Kegiatan tersebut dihadiri Kabag Ops Polres Sergai Kompol T. Manurung, Kasat Binmas Polres Sergai AKP Syarifuddin, Kapolsek Firdaus AKP Budiadin, Kasi Propam IPDA Zulfan Ahmadi.(Leodepari)

Kapolres Sergai, Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit

Serdang Bedagai- Kapolres Serdang Bedagai AKBP R. Simatupang mengajak masyarakat Desa Sei Parit untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Inpres No 6 Tahum 2020, bertempat Warung Simat, Dusun I, Desa Sei Parit, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (31/08/2020)

Pada kesempatan tersebut Kapolres Serdang Bedagai mengajak masyarakat untuk selalu menggunakan Masker saat melakukan aktifitas, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun.

Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit 3“Lakukan aktifitas seperti biasa selalu gunakan masker,mejaga jarak, cuci tangan, dan tidak berkumpul, kita harus jadi pelopor protokol kesehatan,” Ujar Kapolres

AKBP Robin juga menghimbau kepada masyarakat agar bekerja seperti biasa namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga roda perekonomian masyarakat tetap berjalan.

“Dalam Inpres No 6 tahun 2020 memegang prinsip Masyarakat Sehat, Ekonomi Meningkat, jadi tetap bekerja dengan protokol kesehatan,” Kata Kapolres

Kegiatan tersebut dihadiri Kabag Ops Polres Sergai Kompol T. Manurung, Kasat Binmas Polres Sergai AKP Syarifuddin, Kapolsek Firdaus AKP Budiadin, Kasi Propam IPDA Zulfan Ahmadi.(Leodepari)

————

Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit 2Renungan

Surat Al-Ikhlas, Sebanding Dengan Sepertiga Al-Qur’an

Disebutkan dalam hadist shahih.

أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ أَنَّ رَجُلًا سَمِعَ رَجُلًا يَقْرَأُ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ يُرَدِّدُهَا فَلَمَّا أَصْبَحَ جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ وَكَأَنَّ الرَّجُلَ يَتَقَالُّهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

Dari Abi Sa’id al-Khudri, bahwasanya ada orang mendengar seseorang membaca “qul huwallahu Ahad”, dan diulang-ulang. Pada keesokan harinya, ia mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan melaporkannya, seakan ia menganggap remeh. Maka Rasulullah bersabda: ”Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, ia sebanding dengan sepertiga Al-Qur`an”. [Shahih Bukhari, no. 5013].

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ لِأَصْحَابِهِ أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ ثُلُثَ الْقُرْآنِ فِي لَيْلَةٍ فَشَقَّ ذَلِكَ عَلَيْهِمْ وَقَالُوا أَيُّنَا يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ ثُلُثُ الْقُرْآنِ

Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Sei Parit 1Dari Abi Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada para sahabatnya, ‘Apakah salah seorang dari kalian mampu untuk membaca sepertiga Al-Qur`an dalam satu malam?’ maka hal ini memberatkan mereka, dan (mereka) bertanya: ‘Siapakah di antara kami yang mampu, wahai Rasulullah?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: ”Allahul-wahidu shamad adalah sepertiga Al-Qur`an”. [Shahih Bukhari no. 5015].

Syaikh Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,”Maksudnya, ialah, bahwa Al-Qur`an diturunkan menjadi tiga bagian. Sepertiga bagian adalah hukum-hukum, sepertiga berisi janji dan ancaman, dan sepertiga bagiannya terdiri nama dan sifat Allah; dan surat ini mengumpulkan antara nama dan sifat sifat (Allah)”. [Jawab ‘alil-Ilmi wal-Iman, hlm. 113].

Syaikhul-Islam rahimahullah juga berkata: ”Apabila (qul huwallahu Ahad) sebanding dengan sepertiga Al-Qur`an, bukan berarti ia lebih utama dari al-Fatihah; dan tidak pula mencukupkan diri membaca Al-Qur`an dengan membacanya sebanyak tiga kali. Akan tetapi, apabila dibaca (qul huwallahu Ahad) terpisah sebanyak tiga kali atau lebih dari itu, maka pembacanya mendapatkan pahala yang sebanding dengan sepertiga Al-Qur`an, namun perbandingan sesuatu bukanlah dari jenisnya”. [Jawab ‘alil-Ilmi wal-Iman, hlm. 133, 134].

Ketika surat ini dibaca saat meruqyah, didapatkan adanya perbedaan pengaruh yang ditimbulkan, antara satu orang dengan yang lain tidak sama, yang ini berpengaruh dan yang lainnya tidak ada pengaruhnya. Dalam hal ini Syaikhul-Islam berkata: ”Tidaklah (qul huwallahu Ahad) setiap orang bermanfaat untuk setiap orang.” [Jawab ‘alil- ‘Ilmi wal-Iman, hlm. 141].

Syaikh ‘Abdurrazaq menjelaskan,” Sungguh ada perbedaan pengaruh bacaan yang dibaca, walau surat yang dibaca sama, karena adanya pengaruh hati si pembaca dari kejujuran, keikhlasan, penghayatan, keyakinan, harapan dan kekhusyu’an…”.

(Disadur dari Fiqh al-Idiyyah wal-Adzkar, Syaikh ‘Abdurrazaq bin ‘Abdil-Muhsin al-‘Abbad, 1/89- 93).

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 037/Tahun XII/1429H/2008M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]