Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat Barokah 1

Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat Barokah, Bantu Warga Terdampak Covid-19

Banten Headline Muhasabah

Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat Barokah 4mascipoldotcom, Jum’at, 24 Juli 2020 (03 Dzulhijah 1441 H)

KOTA SERANG – Seperti hari Jum’at-Jum’at sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Banten, komunitas otomotif Pajero Indonesia Club (PIC) Banten, Penari Lintas dan media hadir ditengah masyarakat untuk memberikan bantuan dalam program Jum’at Barokah Polda Banten.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Banten ini menyasar para janda tua dan orang-orang yang dipandang perlu mendapatkan bantuan di Kp. Sepang Sempu Rt. 002/005 Kel. Sepang, Kec. Taktakan Kota Serang, Jum’at (24/07/2020).

Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat BarokahKapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan pagi ini adalah kegiatan bakti sosial rutin TNI Polri dan komunitas otomotif untuk saling bahu membahu memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Kita bahu-membahu ngumpulin bahan baku, kita kumpulkan kemudian kita sampaikan kepada masyarakat. Kita cari masyarakat yang dianggap perlu dibantu. Tujuannya ya menjaga kesejahteraan mereka lah, karena dalam kondisi Covid-19 ini kan banyak yang terdampak, ada yang di rumahkan ada yang pekerjaannya yang tadinya seminggu full sekarang hanya beberapa hari dan sebagainya,” ucap Fiandar.

Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat Barokah 3Fiandar juga mengatakan, “Menanggapi hal tersebut, Kapolri memerintahkan untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat. Kita memanfaatkan semua objek-objek lahan tidur. Kita juga nanem-namen sayuran dan yang lainnya yang bisa dikonsumsi masyarakat, ada kolam ikan, kolam lele dan segala macam. Hasilnya seperti tadi dibagikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini adalah kegiatan bakti sosial masyarakat yang dipelopori oleh Bapak Kapolda Banten dibantu oleh pemerintah dan TNI.

Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat Barokah 2“Inilah bentuk kepedulian Kepolisian dan pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat dalam rangka memenuhi aspek, membantu kehidupan sosial masyarakat,” kata Edy Sumardi.

“Di masa pandemik ini, kita sadari bahwa masyarakat sangat berdampak. Kita semua merasakan hal yang sama, tetapi kita tetap peduli dengan saling membantu dengan harapan bisa saling meringankan beban, saling mengingatkan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kegiatan ini juga selaras dengan program bapak Presiden RI dan Bapak Kapolri serta Panglima TNI tentang meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Kapolda Banten Bhakti Sosial Program Jumat BarokahDitemui di lokasi, Jum (60) janda anak 6 ini mengucapkan terima kasihnya dengan rasa haru.

“Terima kasih pak Polisi udah mau datengin rumah saya, bawain saya sembako, ikan, beras. Ini berkah buat saya dan anak-anak saya. Sekali lagi makasih pak, semoga Allah membalas kebaikan bapak-bapak Polisi semuanya,” ucap bu Jum sambil meneteskan airmata.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo, Bidhumas Polda Banten, Kapolsek Taktakan AKP Tohirudin, Camat Taktakan Farach Richi, Lurah Sepang Haeruji, Babinsa Koramil Taktakan Serda Nanang, Ketua RT, RW dan tokoh masyarakat setempat. (Kabid Humas Polda Banten)

Ditbinmas Polda Sumut Berikan Bantuan kepada Tukang Sol 4———–

Renungan

BERBUAT BAIK KEPADA ORANG-ORANG LEMAH

Oleh Dr Fadhl Ilahi

Termasuk di antara kunci-kunci rizki adalah berbuat baik kepada orang-orang miskin. Nabi yang mulia Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa para hamba itu ditolong dan diberi rizki disebabkan oleh orang-orang yang lemah di antara mereka.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’d Radhiyallahu anhu ia berkata, ‘Bahwasanya Sa’d Radhiyallahu anhu merasa dirinya memiliki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ؟

“Bukankah kalian ditolong [1] dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah di antara kalian?” [2]

Karena itu, siapa yang ingin ditolong Allah dan diberi rizki olehNya maka hendaknya ia memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia juga menjelaskan bahwa keridhaannya Shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat diperoleh dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin.

Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

اِبْغُوْنِيْ فِي ضُعَفَائِكُمْ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَ تُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ

“Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian” [3]

Menjelaskan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas Al-Mulla Ali Al-Qari berkata, ‘Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin di antara kalian. [4]

Dan barangsiapa berusaha mendapatkan keridhaan kekasih Yang Maha Memberi rizki dan Maha Memiliki kekuatan dan keperkasaan, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin, niscaya Tuhannya akan menolongnya dari para musuh serta akan memberi rizki.

[Disalin dari kitab Mafatiihur Rizq fi Dhau’il Kitab was Sunnah, Penulis DR Fadhl Ilahi, Edisi Indonesia Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Penerjemah Ainul Haris Arifin, Lc. Penerbit Darul Haq- Jakarta]
_______
Footnote
[1]. (Seperti) ditolong dari serangan musuh [Murqatul Mafatih, 9/84
[2]. Shahihul Bukhari (yang dicetak bersama Umdatul Qari), Kitab Al-Jihad was Siyar, Bab Man Ista’ana Bidh Dhu’afa Wash Shalihin Fil Harbi, no. 108, 14/179
[3]. Al-Musnad 5/198 (cet. Al-Maktab Al-Islami) ; Sunan Abi Daud Kitab Al-Jihad, Bab Al-Intishar bi Radhalil Khail Wadh Dha’fah, no. 2591, 7/183 ; Jami’ut Tirmidzi, Ababul Jihad, Bab Ma Ja’a Fil Istiftah bi Sha’alikil Muslimin, no. 1754, 5/291, dan redaksi ini adalah miliknya ; Sunan An-Nasa’i, Kitab Al-Jihad, Al-Istinshar bidh Dha’if 6/45-46 ; Al-Ihsan Fi Taqribi Shahih Ibni Hibban, Kitab As-Siar, Bab Al-Khuruj wa Kaifiyatul Jihad, Dikru Istihbabil Intishar bi Dhu’aafa’il Muslimin ‘inda Qiyamil Harbi ‘ala Saq, no. 4767, 11/85 ; Al-Mustadrak ‘alash Shahihain, Kitab Al-Jihad, 2/106. Tentang hadits ini Imam At-Tirmidzi berkata, Ini adalah hadits Hasan Shahih. (Jami’ut Tirmidzi, 5/292). Dan dishahihkan oleh Imam Al-Hakim. (Lihat, Al-Mustadrak, 2/106). Disepakati oleh Adz-Dzahabi (Lihat, At-Talkish, 2/106). Juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani. (Lihat Shahih Sunan Abu Daud, 2/492 ; Shahih Sunan At-Tirmidzi, 2/140 ; Shahih Sunan An-Nasa’i 2/669 ; Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah, no. 779, 2/422
[4]. Lihat, Murqatul Mafatih, 9/84