Ditlantas Polda Banten rutin Laksanakan KKYD 3

Ditlantas Polda Banten rutin Laksanakan KKYD, Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru

Banten Headline Muhasabah

Ditlantas Polda Banten rutin Laksanakan KKYDmascipoldotcom, Jum’at, 24 Juli 2020 (03 Dzulhijah 1441 H)

Serang – Personel Ditlantas Polda Banten melaksanakan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD), dalam bentuk patroli dialogis yang dilakukan di Ojek Pangkalan Sempu, Ojek Pangkalan Giant Serang, Kamis (24/7/2020) pukul 15:00 Wib.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar mengatakan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) Dalam rangka sosialisasi untuk menjalankan Adaptasi Kebiasaan Baru, melakukan himbauan kepada masyarakat guna mencegah penyebaran virus Corona.

“Saat ini, di tengah pandemi Covid-19, Polda Banten rutin memberikan himbauan kepada masyarakat. Dan saya perintahkan seluruh satker di jajaran Polda Banten untuk terus bekerja dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat,” kata Fiandar.

Ditlantas Polda Banten rutin Laksanakan KKYD 3Sementara itu, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo menjelaskan bahwa Di tengah pandemi Covid-19 ini, personel Ditlantas Polda Banten rutin mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah masyarakat dan juga mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas.

Lebih lanjut rudi Purnomo mengatakan untuk mencegah penyebaran virus Corona ini, Rudi Purnomo menambahkan bahwa personel Ditlantas Polda Banten juga mengajak masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

“Saya juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker dan membiasakan untuk selalu mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer serta memperhatikan jarak atau Physical Distancing,” jelas Rudi Purnomo.

Ditlantas Polda Banten rutin Laksanakan KKYD 2“Selanjutnya tetap mengedepankan protokol kesehatan dan selalu berdoa agar semuanya terhindar dari virus Covid-19,” lanjut Rudi Purnomo.

Ditempat yang terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengajak masyarakat untuk sama-sama memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Dan saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar kita sama-sama untuk memutus penyebaran virus ini, dan mari ikuti anjuran dari pemerintah,” ajak Edy Sumardi.

“Karena dengan mengikuti anjuran dari pemerintah kita turut andil dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau covid-19 ini,” lanjut Edy Sumardi.

Ditlantas Polda Banten rutin Laksanakan KKYD 1Adapun personel Ditlantas Polda Banten yang melaksanakannya Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) yaitu, Kompol I Ketut Sudanta, Akp Ate Waryadi, S. H, Iptu Marjoko, Ipda Pujiyanto, S.H., M.H, Ipda Andrie, Bripka Rana Fauzi, Brigadir Ferry, Brigadir Dirga, Bripka Ergan, Bripka Toni, Bripka Asep Subagja, Brigadir Gusar, Briptu Dian, Briptu Angga, Briptu Marjuki, Briptu Hafijal, Briptu Luhur, Briptu Alvin, Dan Briptu Tb. Yusuf Tazri. (Kabid Humas Polda Banten)

————

Renungan

APAKAH MANUSIA DIBERI KEBEBASAN MEMILIH

Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin

Pertanyaan.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin ditanya : “Apakah manusia dibebaskan memilih atau dijalankan?”.

Jawaban.

Penanya seharusnya bertanya pada diri sendiri ; Apakah dia merasa dipaksa oleh seseorang untuk menanyakan pertanyaan ini, apakah dia memilih jenis mobil yang dia inginkan ? dan berbagai pertanyaan semisalnya. Maka akan tampak jelas baginya jawaban tentang apakah dia dijalankan atau dibebaskan memilih.

Kemudian hendaknya dia bertanya kepada diri sendiri ; Apakah dia tertimpa musibah atas dasar pilihannya sendiri ? Apakah dia tertimpa penyakit atas dasar pilihannya ? Apakah dia mati atas dasar pilihannya sendiri ? dan berbagai pertanyaan semisalnya. Maka akan jelas baginya jawaban tentang apakah dia dijalankan atau dibebaskan memilih.

Jawabnya.

Sesungguhnya segala perbuatan yang dilakukan oleh orang yang memiliki akal sehat jelas dia lakukan atas dasar pilihannya. Simaklah firman Allah.

فَمَنْ شَاءَ اتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِ مَآبًا
“Maka barangsiapa menghendaki, maka dia mengambil jalan menuju Rabb-Nya” [An-Naba/78 : 39]

Dan firman Allah.

مِنْكُمْ مَنْ يُرِيدُ الدُّنْيَا وَمِنْكُمْ مَنْ يُرِيدُ الْآخِرَةَ
“Sebagian dari kamu ada orang yang menghendaki dunia dan sebagian dari kamu ada orang yang menghendaki akhirat” [Ali-Imran/3 : 152]

Dan firman Allah.

وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَىٰ لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا
“Barangsiapa menghendaki akhirat dan menempuh jalan kepadanya dan dia beriman, maka semua perbuatannya disyukuri (diterima)”. [Al-Isra’/17 : 19]

Dan firman-Nya.

فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ
“Maka dia diwajibkan membayar fidyah, berupa puasa atau sedekah atau berkurban” [Al-Baqarah/2 : 196]

Di mana dalam ayat fidyah di atas, pembayar fidyah diberi kebebasan memilih apa yang akan dibayarkan.

Akan tetapi, apabila seseorang menghendaki sesuatu dan telah melaksanakannya, maka kita tahu bahwa Allah telah menghendaki hal itu, sebagaimana firman-Nya.

لِمَنْ شَاءَ مِنْكُمْ أَنْ يَسْتَقِيمَ ﴿٢٨﴾ وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Sungguh barangsiapa dari kamu menghendaki beristiqomah, maka kamu tidak akan berkehendak kecuali Allah Rabb sekalian alam menghendakinya” [At-Takwir/81 : 28-29]

Maka sebagai kesempurnaan rububiyah-Nya, tidak ada sesuatupun terjadi di langit dan di bumi melainkan karena kehendak Allah Ta’ala.

Adapun segala sesuatu yang menimpa seseorang atau datang darinya dengan tanpa pilihannya, seperti sakit, mati dan berbagai bencana, maka semua itu murni karena Qadar Allah dan manusia tidak punya kebebasan memilih dan berkehendak.

Semoga Allah memberi Taufiq.

[Disalin kitab Al-Qadha’ wal Qadar edisi Indonesia Tanya Jawab Tentang Qadha dan Qadar, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin’, terbitan Pustaka At-Tibyan, penerjemah Abu Idris]