Biasakan Hidup Berdampingan dengan Virus dan Jaga Kesehatan 4

Baharkam Polri Lanjutkan Pembagian 100 Paket Sembako kepada Warga Batu Ampar Jakarta Timur

Headline Muhasabah

Biasakan Hidup Berdampingan dengan Virus dan Jaga Kesehatan 7mascipoldotcom – Senin, 11 Mei 2020 (18 Ramadhan 1441 H)

Jakarta – Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto S.H., M.H., melalui Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Drs. Hendi Handoko, M.M. membagikan bantuan 100 paket sembako kepada warga di Kelurahan Batu Ampar, Jakarta Timur, Senin (11/05/20).

Dalam kegiatan sosial tersebut, Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Drs Hendi Handoko, didampingi oleh Kasubdit Bintibsos Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Rudi Harianto S.I.K., Kasi Renata Korbinmas AKBP Fatimah, Kasibintermas AKBP Dadang Sutrasno dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu Ampar untuk melanjutkan pembagian sembako kepada warga Kelurahan Batu Ampar.

Biasakan Hidup Berdampingan dengan Virus dan Jaga Kesehatan 6Adapun perwakilan penerima bantuan yakni: Ibu Titin Diah Fatimah, Dian Afriani, Nana Rosdiana dan Rizal Hasan, serta Sri Wahyuni. Kelima perwakilan tersebut tidak bekerja.

Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam, menyampaikan bahwa program Solidaritas Sosial Korbinmas Baharkam Polri akan berlanjut sampai wabah covid-19 berakhir.

Beberapa waktu yang lalu ditempat yang lain Kabaharkam juga sudah membagi bagikan sembako kepada warga lain yang juga terkena dampak penerapan PSBB akibat pandemi Covid-19, program ini akan berlanjut terus dalam rangka mendukung program pemerintah sampai musibah covid-19 dinyatakan berakhir.

Biasakan Hidup Berdampingan dengan Virus dan Jaga Kesehatan 5Program Solidaritas Sosial covid-19 Korbinmas Baharkam Polri selain untuk mewujudkan peranan Polri harus hadir ditengah tengah masyarakat dalam membantu meringankan beban warga masyarakat yang terkena dampak penerapan PSBB, tentunya juga untuk mencegah timbulnya segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban akibat penerapan PSBB yang sudah diputuskan oleh Pemerintah.

Sembako sebanyak 100 paket yang berisi gula, beras, minyak goreng, roti kaleng, masker hand sanitizer, desinfektan tersebut diberikan kepada warga masyarakat yang terkena dampak covid-19 yang bermukim diwilayah Batu Ampar.

” Saya berharap meskipun jumlahnya sembako dan barang barang yang dibagikan di wilayah Batu Ampar tidak banyak, mudah-mudahan dapat meringankan beban warga yang terkena dampak covid-19 oleh sebab itu proses pembagian sembako harus benar-benar sampai pada tujuan yang sudah ditentukan serta tepat sasaran,” ungkap Kombes Pol. Drs Hendi Handoko.

Biasakan Hidup Berdampingan dengan Virus dan Jaga Kesehatan 4Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol. Drs. Hendi Handoko mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan Pemerintah yang sudah diterapkan, seperti tetap tinggal dirumah, tunda mudik, pakailah masker, cuci tangan yg bersih, patuhi protokol cara masuk rumah setelah bepergian keluar rumah dalam rangka mencegah penyebaran wabah covid-19.

“Tidak ada cara lain kecuali patuh dan taat terhadap aturan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” jelas Kombes Pol. Drs Hendi Handoko. (Div Humas Polri).

——

Renungan

BERBUAT BAIK KEPADA ORANG-ORANG LEMAH

Oleh Dr Fadhl Ilahi

Termasuk di antara kunci-kunci rizki adalah berbuat baik kepada orang-orang miskin. Nabi yang mulia Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa para hamba itu ditolong dan diberi rizki disebabkan oleh orang-orang yang lemah di antara mereka.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’d Radhiyallahu anhu ia berkata, ‘Bahwasanya Sa’d Radhiyallahu anhu merasa dirinya memiliki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ؟

“Bukankah kalian ditolong [1] dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah di antara kalian?” [2]

Karena itu, siapa yang ingin ditolong Allah dan diberi rizki olehNya maka hendaknya ia memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia juga menjelaskan bahwa keridhaannya Shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat diperoleh dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin.

Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

اِبْغُوْنِيْ فِي ضُعَفَائِكُمْ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَ تُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ

“Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian” [3]

Menjelaskan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas Al-Mulla Ali Al-Qari berkata, ‘Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin di antara kalian. [4]

Dan barangsiapa berusaha mendapatkan keridhaan kekasih Yang Maha Memberi rizki dan Maha Memiliki kekuatan dan keperkasaan, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin, niscaya Tuhannya akan menolongnya dari para musuh serta akan memberi rizki.

[Disalin dari kitab Mafatiihur Rizq fi Dhau’il Kitab was Sunnah, Penulis DR Fadhl Ilahi, Edisi Indonesia Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Penerjemah Ainul Haris Arifin, Lc. Penerbit Darul Haq- Jakarta]
_______
Footnote
[1]. (Seperti) ditolong dari serangan musuh [Murqatul Mafatih, 9/84
[2]. Shahihul Bukhari (yang dicetak bersama Umdatul Qari), Kitab Al-Jihad was Siyar, Bab Man Ista’ana Bidh Dhu’afa Wash Shalihin Fil Harbi, no. 108, 14/179
[3]. Al-Musnad 5/198 (cet. Al-Maktab Al-Islami) ; Sunan Abi Daud Kitab Al-Jihad, Bab Al-Intishar bi Radhalil Khail Wadh Dha’fah, no. 2591, 7/183 ; Jami’ut Tirmidzi, Ababul Jihad, Bab Ma Ja’a Fil Istiftah bi Sha’alikil Muslimin, no. 1754, 5/291, dan redaksi ini adalah miliknya ; Sunan An-Nasa’i, Kitab Al-Jihad, Al-Istinshar bidh Dha’if 6/45-46 ; Al-Ihsan Fi Taqribi Shahih Ibni Hibban, Kitab As-Siar, Bab Al-Khuruj wa Kaifiyatul Jihad, Dikru Istihbabil Intishar bi Dhu’aafa’il Muslimin ‘inda Qiyamil Harbi ‘ala Saq, no. 4767, 11/85 ; Al-Mustadrak ‘alash Shahihain, Kitab Al-Jihad, 2/106. Tentang hadits ini Imam At-Tirmidzi berkata, Ini adalah hadits Hasan Shahih. (Jami’ut Tirmidzi, 5/292). Dan dishahihkan oleh Imam Al-Hakim. (Lihat, Al-Mustadrak, 2/106). Disepakati oleh Adz-Dzahabi (Lihat, At-Talkish, 2/106). Juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani. (Lihat Shahih Sunan Abu Daud, 2/492 ; Shahih Sunan At-Tirmidzi, 2/140 ; Shahih Sunan An-Nasa’i 2/669 ; Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah, no. 779, 2/422
[4]. Lihat, Murqatul Mafatih, 9/84