IMG 20200920 173713 compress23

Babinsa Koramil Dan Bhabinkamtibmas Pulau Abang Patroli Gabungan Sosialisasikan Perwako Batam No. 49 ke Pemilik Usaha Wisata Pantai dan Tempat Ibadah

Headline Kepulauan Riau Muhasabah

IMG 20200920 173736 resize 20 compress77

Batam – Kegiatan sosialisasi perwako Batam No. 49 tahum 2020 yang dimulai pada pukul 09.15 WIB, dilaksanakan dan dihadiri oleh Hardianus S.ip, Sekcam Galang, AKP Helly Kapolsek Galang, Mujamil Sos Kasi Trantib Kec. Galang, Sertu Iksan Babinsa Pulau Abang, Briptu Rio, Bripka Sianipar Babinkamtibmas dan Satpol PP Kecamatan Galang.

“Babinsa 07 Pulau Abang Koramil 04/Galang, Kodim 0316/Batam, diwakilkan kepada Sertu Ikhsan, ikut serta melaksanakan kegiatan Patroli dan Sosialisasi Perwako Batam No. 49 tahun 2020 kepada Masyarakat, tempat Wisata Pantai dan rumah Ibadah yang ada di wilayah Kelurahan Sijantung dan Galang Baru, Kec. Galang, mendampingi Pol PP”. ungkap AKP Helly Kapolsek Galang, Minggu (20/09/2020).

Dari kegiatan komunikasi sosial (komsos) tersebut Patroli gabungan menghimbau kepada masyarakat agar dapat mematuhi Protokol Kesehatan dengan cara menjauhi kerumunan, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker, taati anjuran dari pemerintah sesuai dengan Perwako Batam No. 49 tahun 2020 tentang Pendisiplinan dengan Penegakan Hukum tentang Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan untuk memutus mata rantai Penyebaran Covid-19. terang Sertu Iksan mewakili Komandan Koramil Galang.

Babinsa juga turut menyampaikan kepada pemilik tempat-tempat Wisata pantai dan Ibadah supaya menyediakan Hand Sanitizer atau Air dengan Sabun di depan jalan Masuk, tempat usaha ataupun tempat Ibadah, Agar sebelum masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu”. sambung Hardianus S.ip, Sekcam Galang.

Lanjut Hardianus S.ip, Sekcam Galang patroli gabungan dibawah kendali Camat Galang menyampaikan kepada Masyarakat yang melaksanakan aktifitas di luar rumah agar selalu memakai masker dan apabila tidak Memakai Masker akan dikenakan Sangsi Sosial dan Administrasi, Sangsi Sosial itu berupa menyapu jalan selama 2 jam dan Sangsi Administrasi berupa denda 250.000 rupiah, terang Hardianus S.ip, Sekcam Galang.

Kegiatan sosialisasi terkait peraturan walikota tentang Protokol Kesehatan Covid-19 yang akan dilakukan denda ataupun sangsi terhadap warga yang tidak mentaati perwako di Kelurahan Sijantung dan Galang Baru berakhir pada pukul 13.10 WIB dalam keadaan aman terkendali. (liputantodaydotcom)

————

Renungan

Berbuat Baik Kepada Orang-Orang Lemah

Oleh Dr Fadhl Ilahi

Termasuk di antara kunci-kunci rizki adalah berbuat baik kepada orang-orang miskin. Nabi yang mulia Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa para hamba itu ditolong dan diberi rizki disebabkan oleh orang-orang yang lemah di antara mereka.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’d Radhiyallahu anhu ia berkata, ‘Bahwasanya Sa’d Radhiyallahu anhu merasa dirinya memiliki kelebihan daripada orang lain. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ؟

“Bukankah kalian ditolong [1] dan diberi rizki lantaran orang-orang lemah di antara kalian?” [2]

Karena itu, siapa yang ingin ditolong Allah dan diberi rizki olehNya maka hendaknya ia memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia juga menjelaskan bahwa keridhaannya Shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat diperoleh dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin.

Imam Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

اِبْغُوْنِيْ فِي ضُعَفَائِكُمْ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَ تُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ

“Carilah (keridhaan)ku melalui orang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian” [3]

Menjelaskan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diatas Al-Mulla Ali Al-Qari berkata, ‘Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin di antara kalian. [4]

Dan barangsiapa berusaha mendapatkan keridhaan kekasih Yang Maha Memberi rizki dan Maha Memiliki kekuatan dan keperkasaan, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan berbuat baik kepada orang-orang miskin, niscaya Tuhannya akan menolongnya dari para musuh serta akan memberi rizki.

[Disalin dari kitab Mafatiihur Rizq fi Dhau’il Kitab was Sunnah, Penulis DR Fadhl Ilahi, Edisi Indonesia Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Penerjemah Ainul Haris Arifin, Lc. Penerbit Darul Haq- Jakarta]
_______
Footnote
[1]. (Seperti) ditolong dari serangan musuh [Murqatul Mafatih, 9/84
[2]. Shahihul Bukhari (yang dicetak bersama Umdatul Qari), Kitab Al-Jihad was Siyar, Bab Man Ista’ana Bidh Dhu’afa Wash Shalihin Fil Harbi, no. 108, 14/179
[3]. Al-Musnad 5/198 (cet. Al-Maktab Al-Islami) ; Sunan Abi Daud Kitab Al-Jihad, Bab Al-Intishar bi Radhalil Khail Wadh Dha’fah, no. 2591, 7/183 ; Jami’ut Tirmidzi, Ababul Jihad, Bab Ma Ja’a Fil Istiftah bi Sha’alikil Muslimin, no. 1754, 5/291, dan redaksi ini adalah miliknya ; Sunan An-Nasa’i, Kitab Al-Jihad, Al-Istinshar bidh Dha’if 6/45-46 ; Al-Ihsan Fi Taqribi Shahih Ibni Hibban, Kitab As-Siar, Bab Al-Khuruj wa Kaifiyatul Jihad, Dikru Istihbabil Intishar bi Dhu’aafa’il Muslimin ‘inda Qiyamil Harbi ‘ala Saq, no. 4767, 11/85 ; Al-Mustadrak ‘alash Shahihain, Kitab Al-Jihad, 2/106. Tentang hadits ini Imam At-Tirmidzi berkata, Ini adalah hadits Hasan Shahih. (Jami’ut Tirmidzi, 5/292). Dan dishahihkan oleh Imam Al-Hakim. (Lihat, Al-Mustadrak, 2/106). Disepakati oleh Adz-Dzahabi (Lihat, At-Talkish, 2/106). Juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani. (Lihat Shahih Sunan Abu Daud, 2/492 ; Shahih Sunan At-Tirmidzi, 2/140 ; Shahih Sunan An-Nasa’i 2/669 ; Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah, no. 779, 2/422
[4]. Lihat, Murqatul Mafatih, 9/84